Tips Memilih Klinik Ideal untuk Program Bayi Tabung

Senin, 07 Januari 2019 - 14:01 WIB
Tips Memilih Klinik Ideal untuk Program Bayi Tabung
Tips Memilih Klinik Ideal untuk Program Bayi Tabung
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang bagi pasangan suami istri (pasturi) sebelum melakukan program bayi tabung. Apa saja?

Selain memikirkan biaya, ada hal lain yang perlu diketahui bagi para pasutri sebelum memutuskan melakukan program bayi tabung, baik di dalam atau luar negeri. Antara lain, menentukan klinik bayi tabung yang tepat sebagai tempat konsultasi, medical check up, dan lain-lain.

Pemilihan klinik bayi tabung berkaitan erat dengan tingkat keberhasilan yang didapat selama menjalankan program kehamilan. Apalagi pasutri akan berulang kali mengunjungi klinik bayi tabung untuk melakukan konsultasi dan berbagai pemeriksaan terkait kondisi kesuburan pasangan.

Biasanya proses seleksi dan persiapan program bayi tabung terdiri atas tanya jawab, pemeriksaan sistem reproduksi wanita, pemeriksaan dengan ultrasonografi, pemeriksaan hormonal, analisis sperma, serta konseling seputar risiko dan keberhasilan terapi infertilitas.

Dalam memilih klinik bayi tabung, pastikan klinik tersebut memiliki kualitas, berpengalaman, serta mampu memberi rasa nyaman baik dalam melakukan konsultasi hingga pengobatan.

Berikut beberapa langkah yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih klinik bayi tabung yang ideal bagi para pasangan suami istri berdasarkan keterangan pers yang diterima SINDOnews.

1. Akreditasi klinik bayi tabung
Salah satu faktor penting dalam mempertimbangkan klinik fertilitas adalah akreditasi. Apapun tindakan pengobatan yang akan Anda lakukan, khususnya jika dilakukan di luar negeri, akreditasi klinik atau rumah sakit menjadi penting karena merupakan sebuah indikator pelayanan kesehatan berkualitas.

Akreditasi tersebut bisa berupa standar nasional dan internasional, seperti Joint Commission International (JCI); Canadian Organization for the Accreditation of Medical Institutions (CCHSA); Australian Council for Health System Standards (ACHS); Trent Accreditation Scheme (TAS); International Society for Quality in Health Care (ESQH); National Accreditation Board for Hospitals (NABH); International Organization for Standardization (ISO) dan European Foundation for Quality Management (EFQM). Klinik fertilitas yang sudah mendapatkan salah satu dari akreditasi tersebut biasanya akan mencantumkan label akreditasi pada situs resmi mereka.

2. Tingkat keberhasilan
Perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan program kehamilan baik melalui program bayi tabung atau tidak, dipengaruhi oleh kualitas sperma dan sel telur pasangan. Tim dokter dan staf medis di klinik fertilitas hanya sebagai faktor pendukung keberhasilan berlangsungnya program kehamilan tersebut.

Oleh karena itu, penting mengetahui tingkat keberhasilan program kehamilan pada klinik fertilitas. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program kehamilan yang terdapat pada klinik, Anda bisa mencari tahunya melalui website resmi klinik tersebut atau menanyakannya langsung kepada dokter atau staf medis klinik fertilitas.

3. Kehadiran dokter spesialis
Dalam memilih klinik fertilitas, tak bisa dipungkiri pasien perlu memilih dokter yang sudah berpengalaman dan jam terbang yang banyak. Dokter akan membantu memantau perkembangan program kehamilan yang sedang dilakukan.

Selain itu, faktor cocok dan rasa nyaman saat berkonsultasi dengan dokter dalam jangka waktu yang lama juga menjadi pertimbangan dalam memilih klinik fertilitas. Saat bertemu dokter, sebaiknya para pasien sudah menyiapkan berbagai pertanyaan yang ingin diajukan. Jika Anda melakukan program bayi tabung di luar negeri maka bisa berkonsultasi dengan dokter melalui email.

“Ingat, setiap pasien itu berbeda. Apa yang Anda baca melalui internet, grup chat, dan blog tentang bagaimana seseorang sukses menjalani program bayi tabung mungkin akan berbeda dengan Anda. Silakan ajukan banyak pertanyaan. Jika Anda membaca tentang pengobatan atau teknologi program kehamilan, jangan ragu bertanya kepada dokter. Tak ada yang salah memiliki banyak opini,” ujar Dr Hannah Brown, Robinson Research Institute Postdoctoral Fellow di The University of Adelaide seperti dilansir HuffingtonPost.

4. Fasilitas pengobatan yang ditawarkan
Demi mendukung keberhasilan program kehamilan, tentu keberadaan berbagai fasilitas medis yang dimiliki oleh klinik fertilitas merupakan hal utama. Misalnya, mengetahui jenis pengobatan apa saja yang ditawarkan, serta alat atau teknologi apa saja yang dimiliki oleh klinik fertilitas tersebut.

5. Faktor lain
Selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal penting lainnya yang juga perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan memilih klinik fertilitas yang tepat, yaitu lokasi keberadaan klinik fertilitas. jika Anda berniat melakukan program bayi tabung di luar negeri,.sebaiknya pilih negara tujuan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari negara asal. Apalagi program bayi tabung biasanya membutuhkan kunjungan beberapa kali untuk konsultasi, pemeriksaan kesehatan dan lainnya. Terpenting secara umum dalam memilih lokasi pengobatan, jarak dari tempat tinggal menuju klinik fertilitas yang dipilih tidak terlalu jauh.

Selanjutnya review dari pasien sebelumnya. Tidak ada salahnya untuk melihat review dari para pasien sebelumnya mengenai klinik fertilitas yang sedang menjadi pertimbangan Anda. Melalui review tersebut, Anda dapat mengetahui komentar, ulasan, keluhan, evaluasi atau apapun terkait klinik fertilitas tersebut. Biaya pengobatan juga tidak dapat dipungkiri bahwa bayi tabung merupakan salah satu program kehamilan dengan biaya pengobatan yang tergolong mahal sehingga pastikan keinginan Anda untuk melakukan program bayi tabung sudah bulat. Jangan lupa untuk memastikan apakah asuransi kesehatan Anda menanggung biaya program bayi tabung, terutama jika Anda melakukannya di luar negeri.

Kemudian aksesibilitas. Perlu diingat bahwa Anda mungkin akan lebih sering menemui dokter, mulai dari sebelum, saat, dan setelah program bayi tabung. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ketersediaan dokter spesialis dan layanan medis di klinik tersebut, termasuk saat hari libur. Kecocokan dan kebutuhan pasien juga harus diperhatikan. Mencari tahu informasi beberapa klinik fertilitas bertujuan untuk mengetahui mana yang dirasa cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini karena Anda akan banyak melakukan kunjungan ke klinik tersebut untuk melakukan konsultasi, pemeriksaan, dan pengobatan sebelum, saat, dan sesudah program bayi tabung.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5961 seconds (0.1#10.140)